Minggu, 06 Maret 2011

Iwan Hasan

Iwan Hasan adalah gitaris yang identik dengan gitar harpannya, gitanya memeang unik,bersenar 21 yang tidak ada duanya, beberapa dari senar gitarnya dimainkan secara open string tanpa fret. sampai saat ini Iwan hasan merupakan salah satu gitaris kontemporer yang masih eksis di Indonesia.

Iwan Hasan tak hanya dikenal di jagat musik beraliran rock progressif. Musisi yang sempat mengenyam pendidikan musik di Universitas Willamette, Oregon, Amerika Serikat,
Dia adalah seorang musisi kontemporer Indonesia yang memainkan gitar kecapi, sebuah Jazz & Rock gitaris, komposer klasik kontemporer, arranger orkestra, keyboard dan vokalis dengan grup musik rock progresif "Discus". Dia adalah satu-satunya musisi kontemporer yang ada dengan gitar harpa di Indonesia.

Sejarah: Memulai untuk belajar musik di usia dini, dan membawanya serius ketika ia belajar musik di Wilamette University di Oregon, Amerika Serikat. Padahal, ia dilatih sebagai seorang komposer klasik kontemporer, ia belajar musik eksperimen di sisi sebuah 'rock' itu, yang kebanyakan orang sekarang mengatakan "RIO".

Pada 90-an, ia membentuk band bernama "Discus" sebagai gitaris dan vokalis. Their album was released in 1998/1999 by Mellow Records. Album mereka dirilis pada 1998/1999 oleh Mellow Records.

Iwan Hasan mendapatkan ketenaran setelah bergabung dalam sebuah album kompilasi yang terdiri dari gitaris besar di Indonesia, yang disebut "Gitar Klinik (1)".. Salah satu lagu dalam album ini berjudul "Echoes Transcultural pada 33 string", menghasilkan harmonisasi yang sangat indah dengan gitar harpa.

Pada tahun 2008, kecapi gitaris Stephen Bennett, John Doank dan Greg Miner menghasilkan album berjudul "Beyond Six Strings". An album which involve 13 musicians of harp guitar - including Iwan Hasan Sebuah album yang melibatkan 13 musisi dari gitar harpa - termasuk Iwan Hasan



Influences: JS Bach, Bartok, Dusan Bogdanovic, Milton Babbitt, Leo Brouwer, John Cage, Chick Corea, John Coltrane, Debussy, John Doan, Jim Hall, McCoy Tyner, Steve Morse, Yes, Carlos Santana, Swingout Sister, Linkin Park, Vocal Jazz, Messiaen, Takemitsu, Ginastera, Penderecki, Charles Ives, Lou Harrison and Avro Part

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda